Rabu, 12 Juni 2013

PROPOSAL KK PPL








REVITALISASI KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN SEKOLAH DAN PEMBINAAN AKTIVITAS BIDANG KESISWAAN SERTA KEGIATAN
EKSTRA SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 JEMBER

PROPOSAL
 KK-PPL BIDANG NON PEMBELAJARAN




Oleh:

Kelompok Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

1.      Moh. Badrus Solichin             (080210402002)
2.      Reni Titi Habsari                     (080210402045)
3.      Ayu Khikmawati                    (080210402047)
4.      Lailia Ulfa Wahidah               (080210402050)
5.      Devy Jayanti Kartika S           (080210402058)





                              UNIT UPPL DAN MICROTEACHING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2011









LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL KK-PPL NON PEMEBELAJARAN


1.      Judul                              :  Revitalisasi Kualitas Pendidikan Melalui Pengembangan Manajemen Sekolah dan Pembinaan Aktivitas Bidang Kesiswaan serta Kegiatan Ekstra Sekolah di SMA Negeri 3 Jember
2.      Ketua Pelaksana             : 
a.       Nama                        :  Moh. Badrus Solichin
b.      NIM                         :  080210402002
c.       Fakultas/Univ.          :  Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Jember
3.      Jumlah anggota              :  5 orang
4.      Tempat kegiatan             :
a.       Nama sekolah           :  SMA Negeri 3 Jember
b.      Desa/Kecamatan      :  Tegal Besar/ Kaliwates
c.       Kabupaten                :  Jember
d.      Propinsi                    :  Jawa Timur
5.      Pembimbing KK            :  Drs. Parto, M.Pd.
6.      Waktu pelaksanaan KK : 1 semester (Semester Ganjil Th. 2011/2012)
7.      Target utama KK           :  Terciptanya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di SMA Negeri 3 Jember
8.      Biaya pelaksanaan KK   :
a.       Besar Biaya              : Rp 550.000,-
(Limat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
b.      Sumber Biaya           :  Biaya Mandiri


Menyetujui,                                                                   Jember, 10 Agustus 2011
Dosen Pembimbing,                                                      Ketua Pelaksana,



Drs. Parto, M.Pd                                                            Moh. Badrus Solichin
 NIP. 19631116198903100                                           NIM. 080210402002

                                                     
Mengetahui,

Ketua UPPL dan Microteaching                       Kepala SMA Negeri 3 Jember,
FKIP Universitas Jember,



Prof. Dr. H. Joko Waluyo, M.Si                     Tatang Prijanggono, S.Pd., M.Pd
NIP. 19571028 198503 1 001                        NIP. 196302131983031007
                        
                                   










RINGKASAN


KK-PPL bidang kependidikan adalah salah satu mata kuliah wajib dengan program studi 4 (empat) sks yang menyangkut proses belajar mengajar berdasarkan pengalaman di luar sistem belajar konvensional. Dengan KK-PPL bidang kependidikan ini mahasiswa baik secara perorangan ataupun kelompok diharapkan bisa mendapatkan pengalaman yang tidak hanya bersifat psikomotor akan tetapi keahlian yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial, dan manajerial yang didapatkan dari pengalaman nyata di lapangan. Pelaksanaan program KK-PPL di SMA Negeri 3 Jember, Jln. Basuki Rahmat no. 28, Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates Jember. Program kelompok yang telah dilaksanakan yaitu pertama, program kesiswaan sekolah dengan pembuatan data input dan output siswa serta pembuatan kohort, hasilnya maksimal sesuai yang telah ditargetkan kelompok. Kedua, program menejemen perpustakaan, kegiatan yang dilaksanakan yaitu pembuatan call number perpustakaan. Tiga,  manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat, yaitu pembagian zakat fitrah kepada masyarakat sekitar SMA Negeri 3 Jember. Empat, program pembianaan OSIS, kegiatan yang dilaksanakan berupa pembenahan mading sekolah. Lima, pembinan ekstra sekolah kegiatan yang telah dilakukan berupa diklat KIR dan hasil yang diperoleh sangat memuaskan sesuai dengan rencana program kelompok.

Kata kunci: keorganisasian, manejemen.


BAB I. PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang
Manusia sebagai mahluk yang diberikan kelebihan oleh Tuhan dengan suatu bentuk akal pada diri yang tidak dimiliki mahluk yang lain dalam kehidupannya. Pada hakikatnya bahwa untuk mengolah akal pikiran manusia, diperlukan suatu pola pendidikan melalui suatu proses pembelajaran. Hal ini diupayakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang telah dilakukan oleh pihak yang berwenang. Di antaranya dengan melakukan penyempurnaan kurikulum, peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru, pengadaan alat pembelajaran, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan mutu manajemen sekolah, serta perbaikan sistem pengajaran.
Usaha untuk mencapai tujuan di atas, sangat dibutuhkan  sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam hal untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, diperlukan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Seperti halnya mahasiswa sebagai agent of change adalah bagian dari komponen dari masyarakat sebagai generasi penerus dan calon pemimpin bangsa diharapkan mampu menerapkan kemampuan serta potensi dan ilmu yang sesuai dengan profesinya di masyarakat dalam rangka turut serta membangun bangsa. Untuk itu perlu melakukan kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung bagi masyarakat.
Salah satu bentuk kegiatannya, yaitu KK-PPL Non Pembelajaran profesi terintegrasi di bidang kependidikan. KK-PPL Non Pembelajaran bidang kependidikan  adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program sarjana Universitas Jember yang menyangkut proses belajar mengajar berdasarkan pengalaman di luar sistem belajar konvensional. Dengan KK-PPL Terintegrasi bidang kependidikan ini mahasiswa baik secara perorangan ataupun kelompok diharapkan mampu mendapatkan pengalaman atau keterampilan yang tidak semata-mata bersifat psikomotor. Akan tetapi diharapkan menguasai keahlian yang meliputi keterampilan fisik, intelektual, sosial, dan manajerial yang didapatkan dari pengalaman nyata di lapangan.
KK-PPL Non Pembelajaran bidang kependidikan yang merupakan salah satu manifestasi kepedulian Universitas Jember terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan Negara. Hal itu mempunyai dasar pemikiran agar mahasiswa lulusan Universitas Jember mempunyai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan aktifitas yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa melalui penguasaan IPTEK dan peningkatan kepekaan, kepedulian, dan semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.
Berdasarkan uraian di atas dan dari berbagai pertimbangan, maka kami telah melakukan kegiatan KK-PPL Non Pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dan bekal ilmu pengetahuan dari kampus FKIP Universitas Jember, yaitu memilih obyek dan subyek di SMA Negeri 3 Jember. Adapun kegiatannya sesuai dengan kemampuan kami mengelola program, yang telah dikonsultasikan dan dikonfirmasikan dengan pihak sekolah dan dosen pembimbing lapangan.
Berdasarkan uraian di atas, maka penyusunan proposal ini memilih judul Revitalisasi Kualitas Pendidikan Melalui Pengembangan Manajemen Sekolah dan Pembinaan Aktivitas Bidang Kesiswaan serta Kegiatan Ekstra Sekolah di SMA Negeri 3 Jember.

1.2    Permasalahan
1.2.1   Permasalahan Umum
Bagaimana merevitalisasi kualitas pendidikan melalui pengembangan manajemen berbasis sekolah, peningkatan dasar-dasar berorganisasi OSIS, dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Jember?

1.2.2   Permasalahan Khusus
1)        Bagaimana upaya meningkatkan manajemen khort yang ada di SMA Negeri 3 Jember?
2)        Bagaimana upaya meningkatkan manajemen perpustakaan sekolah di SMA Negeri 3 Jember?
3)        Bagaimana upaya meningkatkan kualitas intelektual dan kreatifitas siswa melalui program pengembangan kegiatan ekstrakurikuler sekolah yaitu diklat Karya Imiah Remaja (KIR) dan jurnalistik di SMA Negeri 3 Jember?
4)        Bagaimana upaya meningkatkan daya intelektualitas siswa terhadap pengembangan mading sekolah di SMA Negeri 3 Jember?
5)        Bagaimana meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui kegiatan zakat fitrah di bulan Ramadhan?

1.3    Tujuan dan Manfaat
1.3.1   Tujuan
a.    Umum
Untuk meningkatkan revitalisasi kualitas pendidikan melalui pengembangan manajemen berbasis sekolah, peningkatan dasar-dasar berorganisasi OSIS, dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Jember.
b.    Tujuan Khusus
Secara khusus KK-PPL Non Pembelajaran bidang kependidikan ini bertujuan sebagai berikut.
1)      Membantu pendataan masuk keluarnya siswa pada kohort di SMA Negeri 3 Jember.
2)      Membantu meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan manajemen perpustakaan sekolah di SMA Negeri 3 Jember.
3)      Membantu siswa-siswi untuk meraih prestasi dalam bidang intelektual analitis dan kreatifititas melalui kegiatan Karya Ilmiah Remaja(KIR) dan jurnalistik di SMA Negeri 3 Jember.
4)      Membantu siswa meningkatkan daya intelektualitas siswa terhadap pengembangan mading sekolah di SMA Negeri 3 Jember.
5)      Membantu meningkatkan hubungan pihak sekolah dengan masyarakat melalui kegiatan zakat fitrah di bulan ramadhan.


1.3.2   Manfaat
a.    Bagi Mahasiswa
1)   Meningkatkan pemahaman calon guru terhadap berbagai permasalahan praktis yang dihadapi di bidang pendidikan, pengajaran dan pengelolaan, khususnya di sekolah.
2)   Meningkatkan kedewasaan, kematangan dan kemantapan berfikir dan bertindak untuk memahami serta menyelesaikan berbagai permasalahan profesi kependidikan dan masyarakat pendidikan secara komprehensif.
3)   Memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa calon guru untuk melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan berbagai permasalahan pendidikan dan pengajaran, serta pengelolaan kelembagaan di sekolah guna pemantapan kompetensi mereka sebagai calon guru yang professional.
4)   Menanamkan kebiasaan atau budaya kepada mahasiswa calon guru untuk menyelesaikan semua permasalahan pendidikan dan pengajaran, serta pengelolaan kelembagaan di sekolah dengan berbasis pada bidang keilmuan yang relevan.
5)   Mengembangkan sikap professional di bidang kependidikan kepada mahasiswa calon guru dalam menghadapi setiap permasalahan yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

b.    Bagi FKIP Universitas Jember
1)   KK-PPL Non Pembelajaran bidang kependidikan dapat memberikan umpan balik bagi lembaga (FKIP Universitas Jember) untuk menilai apakah kurikulum yang dikembangkan selama ini, dan proses pelaksanaan pembelajaran calon guru yang dilaksanakan selama ini telah relevan dengan kebutuhan di lapangan atau tidak.
2)   KK-PPL Non Pembelajaran bidang kependidikan ini dapat digunakan sebagai sarana untuk menjalin hubungan profesional yang lebih baik antara LPTK dengan lembaga/sekolah mitra, sehingga selanjutnya akan lebuh mudah untuk mencapai keakraban dan kesepahaman dalam rangka menyiapkan calon guru yang professional.
3)   KK-PPL Non Pembelajaran bidang kependidikan dapat dijadikan sebagai sarana bagi LPTK untuk menggali permasalahan yang muncul di lapangan dalam kaitan dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, sehingga hal itu akan dapat dijadikan sebagai dasar untuk pengembangan program penyiapan calon guru yang lebih baik di masa yang akan datang.

c.    Bagi Masyarakat Sekolah dan Pemerintah
1)   Sekolah dapat memperoleh bantuan tenaga dan pemikiran dari para calon guru secara kritis dalam mengatasi berbagai permasalahan pendidikan yang dihadapi sekolah.
2)   Sekolah dapat mentransfer berbagai pengetahuan aktual yang dimiliki oleh calon guru yang telah memperoleh pendidikan bidang keilmuan yang mutakhir, sehingga jika dipadukan dengan bidang yang dikembangkan di sekolah, maka hal itu akan dapat menghasilkan model-model pendidikan dan pembelajaran yang efektif di sekolah.
3)   Dapat mendorong percepatan pengembangan mutu pendidikan di sekolah, khususnya dalam menyesuaikan dengan tuntutan perundang-undangan tentang pendidikan yang berlaku.













BAB II. METODE KEGIATAN


2.1    Jenis Program Kegiatan
Berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan lembaga pada saat pembekalan KK-PPL yang diselenggarakan pada bulan Juli 2011, telah ditentukan bahwa setiap kelompok KK-PPL wajib menjalankan minimal 5 program. Kegiatan KK-PPL Non Pembelajaran yang kami ambil seperti terlihat pada tabel 2.1.

Tabel 2.1. Rincian Program Kegiatan Kelompok KK-PPL
No
Nama Program
Jenis Kegiatan
Penanggung Jawab
1.
Manajemen Kesiswaan Sekolah
Pendataan penerimaan input dan output siswa tahun 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember dan penyusunan kohort tahun 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember.
Devy Jayanti Kartika Sari



2.
Manajemen Perpustakaan Sekolah
Pembuatan call number pada buku yang ada di perpustakaan SMA Negeri 3 Jember.
Reni Titi Habsari
3.
Manajemen Hubungan Sekola dengan Masyarakat
Pembagian zakat fitrah pada masyarakat sekitar SMA Negeri 3 Jember.
Lailia Ulfa Wahidah
4.
Bidang Pembinaan Kegiatan Kesiswaan di bawah OSIS
Perbaikan Mading SMA Negeri 3 Jember.
Ayu Khikmawati
5.
Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah
Pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik SMA Negeri 3 Jember.
Y  Moh. Badrus Solichin

2.2    Khalayak Sasaran
Secara umum sasaran dari kegiatan adalah KK-PPL ini dapat diketahui sebagai berikut.
a.    Manajemen dari SMA Negeri 3 Jember yang meliputi Manajemen Kesiswaan Sekolah, Manajemen Perpustakaan Sekolah,  Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat, Bidang Pembinaan Kegiatan Kesiswaan di bawah OSIS, dan  Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah.
b.    Karyawan lembaga.
c.    Siswa-siswi yang ada di SMA Negeri 3 Jember.
d.   Masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan layanan pendidikan.

2.3    Tempat dan Waktu
            Kegiatan KK-PPL Non Pembelajaran mahasiswa FKIP Universitas Jember Tahun 2011/2012 dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember. Sekolah ini beralamat di Jalan Basuki Rahmat No. 26 Desa Tegal Besar  Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Waktu pelaksanaan Kuliah Kerja, mulai bulan Juli 2011 sampai bulan November 2012.

2.4    Strategi Pelaksanaan Program
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program KK-PPL ini sebagai berikut.
a.    Metode Observasi Partisipan
Melalui metode observasi dapat diketahui bagaimana sikap dan perilaku personalia manajemen sekolah, kegiatan yang dilakukan, tingkat partisipasi, proses yang dilakukan, kemampuan bahkan hasil yang diperolehnya.
b.    Metode Wawancara
Metode ini dilakukan terhadap penanggung jawab setiap manajemen yang ada di sekolah untuk mengetahui program kerja, proses pelaksanaan program, dan pengorganisasian pada setiap manajemen yang ada.
c.    Metode Bimbingan dan Pelatihan
Di dalam metode ini mahasiswa terjun langsung ke dalam pelaksanaan program kerja pada setiap manajemen yang ada.

d.   Dokumentasi
Selain metode-metode di atas, kami juga melakukan dokumentasi di dalam memperoleh data yang ada di lapangan. Data-data yang kami dapat adalah berupa data tertulis dan foto-foto.

2.5    Rencana Anggaran Biaya dan Sumber Biaya
a.    Rencana Anggaran
·         Pembuatan proposal KK-PPL                                                 Rp.     25.000,-
·         Pembuatan call number                                                           Rp.   75.000,-
·         Pembuatan mading                                                                 Rp.   150.000,-
·         Keperluan zakat fitrah                                                                        Rp.     50.000,-
·         Keperluan pembuatan kohort                                                  Rp.    20.000,-
·         Pelaksanaan diklat KIR dan jurnalistik                                  Rp.   150.000,-
·         Anggaran tidak terduga/lain-lain                                            Rp.     80.000,-
·         Total Anggaran                                                                       Rp.   550.000,-

b.    Sumber Dana
Adapun sumber dana yang digunakan dalam kegiatan KK-PPL berasal dari dana swadaya (dana mandiri).

2.6    Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
Tabel 2.3. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan KK-PPL
No
Nama Program
Jenis Kegiatan
Waktu
1.
Manajemen Kesiswaan Sekolah
Pendataan penerimaan input dan output siswa tahun 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember dan penyusunan kohort tahun 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember.

Awal September
2.
Manajemen Perpustakaan Sekolah
Pembuatan call number pada buku yang ada di perpustakaan SMA Negeri 3 Jember.

Awal Agustus
3.
Manajemen Hubungan Sekola dengan Masyarakat
Pembagian zakat fitrah pada masyarakat sekitar SMA Negeri 3 Jember.
Bulan Ramadhan
4.
Bidang Pembinaan Kegiatan Kesiswaan di bawah OSIS.

Perbaikan Mading SMA Negeri 3 Jember.
Pertengahan September
5.
Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah
Pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik SMA Negeri 3 Jember
Y  Akhir September


BAB III. RANCANGAN EVALUASI

3.1    Teknik Evaluasi Program
Di dalam setiap pelaksanaan kegiatan KK-PPL Non Pembelajaran, haruslah memiliki teknik evaluasi. Hal ini dilakukan agar semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Teknik evaluasi program yang dilakukan oleh mahasiswa KK-PPL di SMA Negeri 3 Jember ini terdiri dari dua macam teknik evaluasi.
3.1.1   Evaluasi Proses
Evaluasi proses adalah evaluasi yang dilakukan setiap selesai melakukan kegiatan atau program KK-PPL. Hal ini akan diterapkan dalam pelaksanaan KK-PPL di SMA Negeri 3 Jember, yang kemudian disimpulkan menjadi evaluasi akhir kegiatan KK-PPL.

3.1.2   Evaluasi Akhir (Post Test)
Adapun evaluasi akhir atau biasa yang disebut evaluasi post test merupakan kesimpulan dari evaluasi proses yang dilakukan setiap selesai melakukan kegiatan atau program KK-PPL.

Tabel 3.1 Teknik Evaluasi Program Kelompok
di SMAN 3 Jember Tahun 2011/2012
No
Nama Program
Jenis Kegiatan
Teknik Evaluasi
1.
Manajemen kesiswaan sekolah
·    Pendataan penerimaan input dan output siswa tahun 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember dan penyusunan kohort tahun 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember.
Evaluasi proses dan evaluasi hasil



2.
Manajemen perpustakaan sekolah
·  Pembuatan call number pada buku yang ada di perpustakaan SMA Negeri 3 Jember.
Evaluasi proses dan evaluasi hasil

3.
Manajemen Hubungan Sekola dengan Masyarakat
Pembagian zakat fitrah pada masyarakat sekitar SMA Negeri 3 Jember.
Evaluasi proses dan evaluasi hasil
4.
Bidang pembinaan kegiatan kesiswaan di bawah OSIS.
Perbaikan Mading SMA Negeri 3 Jember.
Evaluasi proses dan evaluasi hasil
5.
Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah
Pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik SMA Negeri 3 Jember
Y  Evaluasi proses dan evaluasi hasil


3.2    Kriteria Keberhasilan Program
Adapun kriteria keberhasilan dari program-program di atas terlihat pada tabel 3.2.
Tabel 3.2  Kriteria Keberhasilan Program
No
Nama Program
Jenis Kegiatan
Kriteria Keberhasilan Program
1.
Manajemen kesiswaan sekolah
·    Pendataan penerimaan input dan output siswa tahun 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember dan penyusunan kohort tahun ajaran 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember.
·   Terselesaikannya pembuatan dan pengisian kohort tahun ajaran 2011/2012 SMA Negeri 3 Jember.
2.
Manajemen perpustakaan sekolah
·  Pembuatan call number pada buku yang ada di perpustakaan SMA Negeri 3 Jember.
·   Terlaksanakannya pemberian call number pada buku yang ada di perputakaan SMA Negeri 3 Jember.
3.
Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
·    Pembagian zakat fitrah pada masyarakat sekitar SMA Negeri 3 Jember.
·   Tumbuhnya sikap tenggang rasa (kepedulian sesama) dari pihak sekolah SMA Negeri 3 Jember kepada masyarakat sekitar
4.
Bidang pembinaan kegiatan kesiswaan di bawah OSIS.
·    Perbaikan Mading SMA Negeri 3 Jember
·   Terslaksanakannya perbaikan mading yang belum terselenggara dengan maksimal
·   Menumbuhkan minat siswa akan keberadaan mading sekolah
5.
Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah
·    Pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Jurnalistik SMA Negeri 3 Jember
·   Menggali bakat dan kreativitas siswa dalam mengasah kemampuan berkreasi di bidang tulis menulis baik ilmiah ataupun non-ilmiah




BAB IV. PERSONALIA


Struktur personalia kelompok KK-PPL Non Pembelajaran di SMA Negeri 3 Jember mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat diketahui sebagai berikut.
1.    Ketua                                              : Moh. Badrus Solichin
2.    Sekretaris                                        : -    Devy Jayanti Kartika Sari
-          Reni Titi Habsari
3.    Bendahara                                      : -    Laylia Ulfa Wahidah
-          Ayu Khikmawati
1.    Koordinator Bidang Program KK-PPL Non Pembelajaran
a.    Program pengembangan manajemen sekolah:
1)   Manajemen Kesiswaan Sekolah
·         Pendataan penerimaan input dan output siswa dan penyusunan kohort sekolah.         (Oleh Devy Jayanti Kartika Sari)
2)   Manajemen Perpustakaan Sekolah                    
·         Pembuatan call number pada buku yang ada di perpustakaan SMA Negeri 3 Jember. (Oleh Reni Titi Habsari)
3)   Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
·         Pembagian zakat fitrah pada masyarakat sekitar SMA Negeri 3 Jember. (Oleh Laylia Ulfa Wahidah)
b.    Program Pembinaan dan Pengembangan Aktivitas Bidang Kesiswaan
·         Perbaikan Mading Sekolah. (Oleh Ayu Khikmawati)
c.    Pembinaan Kegiatan Ekstra Sekolah
·         Pelatihan KIR dan Jurnalistik.  (Oleh Moh. Badrus Solichin)




DAFTAR BACAAN



Peraturan pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (serial online) http://www.presidentby.com . (Diakses pada tanggal 05Agustus 2011).

Tim UPPL dan Microteaching FKIP Universitas Jember. 2011.  Buku Pedoman KK-PPL Kependidikan Terintegrasi Bagi Mahasiswa Program S1-PGSM FKIP Universitas Jember. Jember : UPPL dan Microteaching FKIP Universitas Jember.

Universitas Jember. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember: Badan Penerbit Universitas Jember.






























LAMPIRAN 1

BIODATA MAHASISWA KK-PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

1.   

Nama                             : Moh. Badrus Solichin
Tempat/ Tanggal Lahir : Nganjuk, 30 Agustus 1989
NIM                              : 080210402002
Program Studi               : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan                          : Pendidikan Bahasa dan Seni
Fakultas                         : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Perguruan Tinggi           : Universitas Jember
Alamat Asal                  : Ds. Mancon RT.05 RW.03 Kec. Wilangan
Kab. Nganjuk
Alamat Jember              : Jl. Sumatera 4 no 84, Sumbersari, Jember
Telp./ HP                       : 085730031156

2.    Nama                             : Reni Titi Habsari

Tempat/ Tanggal Lahir : Jember, 8 September 1989                              
NIM                              : 080210402045
Program Studi               : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan                          : Pendidikan Bahasa dan Seni
Fakultas                         : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Perguruan Tinggi           : Universitas Jember
Alamat Asal                  : Ds. Sukono RT.03 RW.03 Kec. Kalisat
Kab. Jember
Telp./ HP                       : 085749946897




3.    Nama                             : Ayu Khikmawati

Tempat/ Tanggal Lahir : Jember, 8 Januari 1990
NIM                              : 080210402047
Program Studi               : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan                          : Pendidikan Bahasa dan Seni
Fakultas                         : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Perguruan Tinggi           : Universitas Jember
Alamat Asal                  : Ds. Kertosari RT.03 RW.02 Kec. Pakusari 
Kab. Jember
Telp./ HP                       : 082141278396

4.   

Nama                             : Lailia Ulfa Wahidah
Tempat/ Tanggal Lahir : Jember, 15 April 1990
NIM                              : 080210402050
Program Studi               : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan                          : Pendidikan Bahasa dan Seni
Fakultas                         : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Perguruan Tinggi           : Universitas Jember
Alamat Asal                  : Ds. Tegal Besar, RT.01 RW.03 Kec. Kaliwates Kab. Jember
Telp./ HP                       : 085749310876

5.   

Nama                             : Devy Jayanti Kartika Sari                      
Tempat/ Tanggal Lahir : Lumajang, 28 Desember 1989
NIM                              : 080210402058
Program Studi               : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan                          : Pendidikan Bahasa dan Seni
Fakultas                         : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Perguruan Tinggi           : Universitas Jember
Alamat Asal                   : Ds. Kepuharjo ,RT.02 RW.09 Kec. Lumajang  Kab. Lumajang.     Telp./ HP      : 08990506660
LAMPIRAN 2. DOKUMENTASI
 
Gambar 2. Kohort SMA Negeri 3 Jember



Gambar 1. Perpustakaan SMA Negeri 3 Jember


Gambar 2. Mading SMA Negeri 3 Jember

Gambar 3. Kesekertariatan KIR dan Jurnalistik
SMA Negeri 3 Jember





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share Article