A. JUDUL
PENILITIAN
Implementasi
Metode SAS (Struktural
Analitik Sintetik)
Pada Tingkat
Pemahaman Siswa SMAN Rambipuji Kelas X a
dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia
B.
DEFINISI
OPERASIONAL
Menurut Tuckman (1978) definisi
operasional dibagi menjadi tiga tipe: Definisi
Operasional Tipe A, Definisi Operasional Tipe B, Definisi Operasional Tipe C. Dari judul penilitian di atas dapat
diketahui definisi operasionalnya sebagai berikut.
1. Definisi Operasioanal
Tipe A
Adalah perumusan dalam bentuk suatu
tindakan yang harus dilakukan untuk memunculkan fenomena atau keadaan seperti
apa yang dimaksud. Sehingga dari judul di atas dapat diketahui definisi
operasionalnya berupa variabel Metode SAS
(Struktural Analitik Sintetik).
v Metode
SAS (Struktural Analitik Sintetik)
adalah metode yang bersumber pada ilmu jiwa yang berpandangan bahwa
pengamatan dan penglihatan pertama manusia adalah global atau bersifat
menyeluruh. Dengan demikian segala sesuatu yang diperkenalkan pada murid
haruslah mulai ditunjukan dan diperkenalkan struktur totalitasnya atau secara
global.
2. Definisi Operasioanal
Tipe B
Adalah perumusan dalam bentuk deskripsi
tentang bagaimana suatu objek (benda tertentu) beroperasi, yakni apa yang
dilakukan atau terdiri dari apa ciri-ciri dinamis objek tersebut. Sehingga dari judul di atas dapat diketahui definisi operasionalnya berupa variabel Pembelajaran
Bahasa Indonesia.
v Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah proses pengajaran
bahasa Indonesia baik pembelajaran kompenen kebahasaan ataupun kesusastraan
pada siswa di kelas. Upaya-upaya yang dilakukan di dalam pembelajaran dapat
berupa analisis tujuan dan karakteristik studi dan siswa, analisis sumber
belajar, menetapkan strategi pengorganisasian, isi pembelajaran, menetapkan
strategi penyampaian pembelajaran, menetapkan strategi pengelolaan
pembelajaran, dan menetapkan prosedur pengukuran hasil pembelajaran. Oleh
karena itu, setiap pengajar harus memiliki keterampilan dalam memilih strategi
pembelajaran.
3. Definisi Operasioanal
Tipe C
Adalah perumusan dalam bentuk deskripsi
objek atau fenomena tentang seperti apa atau terdiri dari apa ciri-ciri statis
objek atau fenomena penelitian. Sehingga dari judul di atas dapat diketahui
definisi operasionalnya berupa variabel Tingkat
Pemahaman Siswa.
v Tingkat pemahaman yang dimaksud dalam penilitian ini
adalah bagaimana cara mengukur tingkat kemampuan siswa di dalam mencerna materi
bahasa Indonesia yang diajarkan oleh guru di kelas.