Selasa, 02 Juli 2013

RPP BERKARAKTER BAHASA INDONESIA SMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan                : SMA Negeri 3 Jember
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Pertemuan/Siklus                  : 1/1
Kelas/Semester                     : XI IPA 1 /1
Waktu                                     : 2 x 45 menit (satu kali petemuan)   

 
I.    Standar Kompetensi         : Membaca
  7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ novel terjemahan.
II. Kompetensi Dasar   : 7.2 Menganalisis  unsur- unsur intrinsik dan ekstrinsik novel                                                           Indonesia /  novel terjemahan.
III.             Indikator                    :
1.      Kogniti
a. Produk
-    Menentukan  tokoh, watak, tema, dan alur dalam cuplikan novel Indonesia.
-    Menemukan latar dan amanat dengan data yang mendukung.
-    Merangkum isi novel berdasarkan cuplikan novel yang dibaca dengan bahasa sendiri.
b. Proses
- menemukan tokoh, watak, tema, dan alur dalam cuplikan novel.
- Menemukan latar dan amanat dengan data yang mendukung.
- Membuat ringkasan dari cuplikan novel yang dibaca dengan bahasa sendiri.
2.      Psikomotor
·   Mengidentifikasi unsur intrinsik (tokoh, watak, alur, tema, amanat, dan setting/latar) yang terdapat pada cuplikan novel.
·   Membuat ringkasan cuplikan novel dengan bahasa sendiri.

3.      Afektif
a. Karakter
- kerja sama              : secara berkelompok siswa menganalisis unsur intrinsik dalam cuplikan novel.
- kreatif                    : membuat ringkasan cuplikan novel dengan bahasa sendiri.
- tanggung jawab     : bertanggung jawab atas pekerjaannya.
- cermat                    : menemukan unsur-unsur intrinsik dalam cuplikan  novel.
b. Keterampilan Sosial
- menjadi pendengar yang baik
- menyumbang ide
- membantu teman yang mengalami kesulitan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. kognitif
a. produk
-       Secara berkelompok siswa dapat menentukan  tokoh, watak, tema, dan alur dalam cuplikan novel Indonesia dengan penuh tanggung jawab.
-       Secara berkelompok siswa dapat menemukan latar dan amanat dengan data yang mendukung.
-       Secara berkelompok siswa dapat membuat ringkasan cuplikan novel dengan bahasa sendiri.
b. proses
-  siswa diberikan lembar kerja yang berisi cuplikan novel Indonesia, proses selanjutnya secara berkelompok siswa diharapkan dapat menemukan;
1. tokoh, watak, tema, dan alur dalam cuplikan novel Indonesia.
2. latar dan amanat dalam cuplikan novel dengan data yang mendukung.
2. Psikomotor
      Siswa dapat membuat ringkasan cuplikan novel dengan bahasa sendiri.
3. Afektif
a. karakter
siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti kerja sama, cermat, kreatif, dan tanggung jawab.
b. Keterampilan sosial
siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan menjadi pendengar yang baik, menyumbang ide, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
V. Materi Ajar :
Unsur intrinsik adalah unsur  yang membangun karya sastra dari dalam karya itu sendiri.
·   Unsur-unsur intrinsik, terdiri dari:
a.       Tema adalah inti atau gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita. Misalnya; tentang cinta, kesetiaan, masalah rumah tangga dll. 
b.      Alur/Plot adalah jalan cerita atau cara pengarang bercerita. Alur disebut juga tahapan serta pengembangan cerita. Dari mana pengarang memulai cerita, mengembangkan, dan mengakhirinya. Alur terdiri atas alur maju, alur mundur, dan alur maju-mundur. Tahapan-tahapan alur yaitu: (1) pengenalan, (2) mengungkapan masalah, (3) menuju konflik, (4) ketegangan, (5) penyelesaian.
c.       Penokohan adalah cara pengarang menggambarkan karakter tokoh. Tokoh adalah orang yang terlibat secara langsung sebagai pemeran dan penggerak jalannya cerita. Tokoh utama disebut tokoh protagonist sedangkan lawannya disebut tokoh antagonis.
d.      Watak adalah penggambaran karakter dan perilaku tokoh-tokoh dalam cerita. Pengarang menggambaran watak tokoh  dengan cara langsung yaitu dijelaskan nama tokoh beserta gambaran fisiknya, kepribadiannya, lingkungan kehidupannya, dll. Serta dengan cara tidak langsung yaitu melalui percakapan antar tokoh, digambarkan oleh tokoh lain, dll.
e.       Latar/setting adalah gambaran tentang waktu, tempat, dan suasana yang digunakan dalam suatu cerita.
f.       Amanat adalah pesan atau nasihat yang disampaikan oleh pengarang melalui cerita yang dikarangnya. Pesan disampaikan pengarang secara tersurat yakni dijelaskan oleh pengarang langsung atau melalui dialog tokohnya dan secara tersurat yakni pembaca baru akan dapat menangkap pesan setelah membaca secara keseluruhan.
g.      Sudut Pandang Pengarang yaitu posisi pengarang dalam cerita. Pengarang terlibat di dalam cerita yakni pengarang sebagai pemeran utama atau hanya sebagai pemeran pembantu. Pengarang berada di luar cerita yakni pengarang serba tahu.
·         Cuplikan novel Indonesia dalam buku “Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI IPA/IPS halaman 26.(terlampir)
VI. Model dan Metode Pembelajaran         :
Model pembelajaran          : kooperatif
Metode pembelajaran        : penugasan, tanya jawab, kerja kelompok.
VII. Sumber belajar/Bahan/Alat :
Sumber    : 1. Jumadi, dkk. 2005. Kreatif Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI IPA/IPS.
2. Nadju. 2010. Inti Sari Kata Bahasa Indonesia:Pengetahuan Bahasa, Kesusastraan, dan Tata Bahasa. Surabaya: Triana Media. 
Bahan      : lembar kerja, kertas kosong untuk jawaban.
Alat          : papan tulis, spidol.
VIII. Langkah-Langkah Pembelajaran      :
       Kegiatan awal     : 10 menit
No.
Uraian Kegiatan
Penilaian oleh pengamat
1
2
3
4
1.
Guru menyampaikan salam dan mengabsen siswa




2.
Guru melakukan apersepsi
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti : 70 menit
No.
Uraian Kegiatan
1
2
3
4
1.
Siswa menyimak penjelasan dari guru




2.
Siswa membentuk kelompok yang berjumlah 5-6 orang.
2.
Guru dibantu siswa membagikan lembaran yang berisi cuplikan novel.
2.
Siswa membaca cuplikan novel Indonesia yang disediakan guru, dilakukan secara berkelompok.
3.
Siswa menemukan dan menganalisis unsur intrinsik (tema, alur, tokoh, watak, latar, dan amanat) dalam cuplikan novel Indonesia yang telah dibaca.
4.
Siswa membuat ringkasan cuplikan novel Indonesia dengan menggunakan bahasa sendiri.













Kegiatan Akhir   :  10 menit
No.
Uraian Kegiatan
1
2
3
4
1.
Guru mengevaluasi hasil pekerjaan sisswa




2.
Bersama siswa, guru menyimpulkan pembelajaran yang diperoleh.
3.
Guru mengucapkan salam penutup

IX. Penilaian :
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Tes tulis
Uraian
Soal, kunci jawaban, dan pedoman penskoran

Instumen
A.    Soal Tes Tulis
No.
Soal
Nilai PKBN
1.



2.
Jelaskan unsur intrinsik cuplikan novel Puspa Indah Taman Hati yang meliputi :
a.    Tokoh            c. Tema           e. Alur
b.   Watak            d. Latar           f. Amanat
Buatlah ringkasan cuplikan novel Puspa Indah Taman Hati di atas dengan menggunakan bahasa kalian!
rasa ingin tahu



Kreatif

B. Jawaban
1. a. Tokoh :  - Galih                     b. Watak :  - Galih (pengertian, jujur, sabar, setia)
- Ratna                                       -  Ratna (jujur, penyayang)
-    Marlina                                   - Marlina (penyayang, baik, polos, dan manja)
-    Wartawan                               - Wartawan (suka menguntit)
c. Tema : Kisah cinta dua manusia yang tidak dapat bersatu karena terhalang orang tua.
d. Latar : Tempat - kota Yogyakarta
- gedung Kridosono
- hotel Amborukmo
- depan rumah Ratna
- Kaliurang
- pantai Parangtritis
Waktu : malam hari dan pagi hari
e. Alur : alur maju
f. Amanat : ketika sedang mengalami musibah harus dihadapi dengan tabah dan tawakal.
2.         Cuplikan novel di atas menceritakan tentang kisah cinta antara Galih dan Ratna. Namun mereka tidak dapat bersatu karena orang tua Ratna tidak menyetujui hubungan mereka. Hal itu karena Ratna telah dijodohkan. Akan tetapi, cinta Ratna hanya untuk Galih. Namun, disisi lain Galih sudah menemukan pengganti Ratna yaitu Marlina. Sehingga Galih tidak dapat menerima cinta Marlina lagi.
C. Pedoman Penskoran
Skor
Kriteria
5
Jawaban sangat sempurna
4
Jawaban tepat
3
Jawaban kurang tepat
2
Jawaban salah
1
Tidak dapat menjawab
·         Nilai = jumlah skor yang diperoleh / jumlah skor maksimal x 100
Contoh:
Apabila mendapat skor 25 maka nilai yang diperoleh:
Nilai = 25/35x100 = 71
Predikat:
-          90-100       : Amat Baik (A)
-          70-89         : Baik (B)
-          60-69         : Cukup (C)
-          50-59         : Kurang (K)
-          <49 span="" style="mso-tab-count: 1;">            : Kurang Sekali (KS

                                                                                                      Jember, 9 September 2011
Guru Pamong                                                                              Mahasiswa PPL/Praktikan


        Dul Hadi, S.Pd                                                                                 Moh. Badrus Solichin
        NIP. 19621228198512003                                                                    NIM. 080210402045

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 3 Jember,                                                          Dosen Pembimbing,



        Tatang Prijanggono, S.Pd , M.Pd                                                         Drs. Parto, M.Pd                         NIP. 196302131983031007                                                                 NIP. 19631116198903100














LEMBAR CHECK LIST ASPEK KARAKTER

Nama Siswa                 :
Kelas/Semester                        :
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
No.
Sikap yang diamati
Skala nilai
1.

Rasa Ingin Tahu
a. Menyimak penjelasan yang disampaikan dengan sungguh-sungguh.
b. Keseriusan dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.

1
1

2
2

3
3

4
4


Jumlah skor
Predikat


2.


Gemar Membaca
a. Senang membaca berbagai jenis bacaan.
b. Membaca dengan tenang dan sungguh-sungguh.

1
1

2
2

3
3

4
4


Jumlah skor
Predikat


3.

Bersahabat
a. Mengerjakan tugas yang diberikan dengan teman dalam kelompok.

1

2

3

4


Jumlah skor
Predikat


4.

Kreatif
a. Mampu membuat ringkasan cuplikan novel berdasarkan bahasa sendiri.

1

2

3

4


Jumlah skor
Predikat


5.
Cermat
a. Mampu menemukan unsur-unsur intrinsik secara tepat.

1

2

3

4

Jumlah skor
Predikat


Keterangan:          
1    : Sangat Kurang
2    : Kurang
3    : Baik
4    : Sangat Baik
Predikat:
91-100       : Amat Baik (A)
77-90         : Baik (B)
68-76         : Cukup (C)
40-67         : Kurang (K)
<40 span="" style="mso-tab-count: 1;">            : Kurang Sekali (KS)
Cara menghitung skor:
Jumlah skor / skor maksimal x 100


Jember, 9 September 2011
         Guru Pamong,                                                                               Mahasiswa PPL/Praktikan,


            Dul Hadi, S.P                                                                               Moh. Badrus Solichin
        NIP. 19621228198512003                                                                    NIM.080210402045

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 3 Jember,                                                          Dosen Pembimbing,


        Tatang Prijanggono, S.Pd , M.Pd                                                         Drs. Parto, M.Pd                         NIP. 196302131983031007                                                                 NIP. 19631116198903100