RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA NEGERI 3 JEMBER
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra
Indonesia
Kelas/Semester : XI IPS 1
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit (dua kali
pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
Menulis : Mengungkapkan informasi melalui penulisan
resensi.
II.
Kompetensi
Dasar
Mengaplikasikan
prinsip-prinsip penulisan resensi.
III. Indikator
Pembelajaran
1.
Kogniti
1)
Produk
pertemuan pertama:
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur resensi (Judul resensi, Identitas buku, arah dan
sasaran, keunggulan
buku, dan kelemahan
buku).
·
Menugaskan siswa
membuat resensi berdasarkan buku karya sastra (novel, cerpen, kumpulan puisi,
kumpulan cerpen dll) ( pekerjaan rumah)
Pertemuan kedua:
·
Mempresentasikan tugas membuat resensi berdasarkan buku karya sastra di depan kelas
secara panel.
b. proses
pertemuan pertama:
·
Menemukan
unsur-unsur resensi (Judul resensi, Identitas buku, arah dan
sasaran, keunggulan
buku, dan kelemahan
buku).
·
Mengidentifikasi
unsur-unsur resensi ditunjukkan dengan data.
Pertemuan kedua:
·
Mempresentasikan tugas
resensi di
depan kelas secara panel.
·
Mengevaluasi hasil
diskusi siswa
2. Psikomotor
·
Terampil menulis
resensi berdasarkan buku karya sastra yang pernah dibaca.
3. Afektif
a. karakter
pertemuan pertama:
- mandiri : secara mandiri siswa
mengidentifikasi resensi.
- kerja
keras : berusaha dengan
sungguh-sungguh untuk mengerjakan tugas yang
diberikan
guru.
Pertemuan kedua:
- kreatif : membuat resensi sesuai karya
sastra yang pernah dibaca.
- demokrasi : menghargai pendapat teman dalam
berpendapat.
- tanggung
jawab : bertanggung jawab atas
pekerjaannya.
b.
Keterampilan Sosial
pertemuan
pertama :
- menjadi
pendengar yang baik
- membantu teman
yang mengalami kesulitan
Pertemuan
kedua :
- menyumbang ide
VI.
Tujuan Pembelajaran
1.
kognitif
a. Produk
pertemuan pertama :
- secara
mandiri siswa mengidentifikasi resensi yang meliputi (Judul resensi, Identitas buku, arah dan
sasaran, keunggulan
buku, dan kelemahan
buku) dengan penuh tanggung jawab.
Pertemuan kedua :
-
secara mandiri siswa mempresentasikan resensi yang dibuat di depan kelas, secara
panel.
b. proses
pertemuan
pertama :
-
Setelah menyimak penjelasan guru mengenai resensi, siswa secara individu
mengidentifikasi resensi yang berjudul “Membuka Selubung Bangsawan Melayu” yang ada di buku LKS.
Pertemuan kedua :
-
siswa mempresentasikan resensi yang
telah dibuat di rumah didepan kelas, secara panel.
2. Psikomotor
- Siswa dapat membuat resensi berdasarkan buku karya sastra yang pernah dibaca.
3. Afektif
a.
Karakter
siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan
dalam berperilaku seperti mandiri, bersahabat,
kreatif, demokrasi, dan tanggung jawab.
b. Keterampilan sosial
siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam
keterampilan menjadi pendengar yang baik, menyumbang
ide, membantu teman yang mengalami kesulitan, dan saling bekerja sama.
V. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
resensi, syarat penulisan resensi, langkah-langkah menyusun resensi dalam buku
paket bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI halaman 54-56, penerbit Intan
Pariwara.
2. Sistematika
penulisan resensi dalam buku Inti Sari Kata Bahasa Indonesia halaman 161-166,
penerbit Triana Media.
3. 3.Tujuan
penulisan resensi, unsure-unsur, dan contoh resensi novel dalam buku LKS
halaman 57-58.
VI.
Metode Pembelajaran
Model
pembelajaran : kooperatif
Metode
pembelajaran : ceramah dan tanya
jawab, penugasan, diskusi.
VIII. Sumber Belajar / Bahan / Alat/ Media
Pembelajaran :
Sumber :1. Buku panduan
pendidik bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI ,penerbit Intan pariwara.
3. Buku LKS bahasa
Indonesia kelas XI semester 1, penerbit Maestro.
4. Buku Inti Sari Kata
Bahasa Indonesia (pengetahuan bahasa, kesusastraan, tata
bahasa), penerbit Triana Media.
Bahan :buku paket, LKS, dan kertas kosong untuk
jawaban.
Alat : spidol, papan tulis.
VII. Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Pertemuan pertama
No
|
Kegiatan
|
Penilaian oleh
pengamat
|
||||
Pembukaan: 10 menit
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Guru
menyampaikan salam dan mengabsen siswa.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Guru
melakukan apersepsi.
|
|||||
3.
|
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
|||||
Inti: 70 menit
|
1
|
2
|
3
|
|
||
1.
|
Siswa
menyimak materi yang disampaikan guru dengan sungguh-sungguh.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa
membaca resensi dalam LKS secara mandiri.
|
|||||
3.
|
Siswa
mengidentifikasi resensi sebagai dasar menulis resensi.
o Judul
resensi
o Identitas
buku
o Arah dan sasaran
o keunggulan
buku
o kelemahan
buku
|
|||||
Penutup: 10 menit
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Guru
memberikan evaluasi.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Bersama
siswa guru menyimpulkan pembelajaran yang diperoleh pada pertemuan pertama.
|
|||||
3.
|
Guru
menyampaikan salam penutup.
|
|
|
b. Pertemuan kedua
No.
|
Kegiatan
|
Keterlaksanaan
|
|||
Pembukaan:
10 menit
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
|
Guru
menyampaikan salam dan mengabsen siswa.
|
|
|
|
|
2.
|
Guru menanyakan pada siswa apakah tugas rumah sudah selesai.
|
||||
3.
|
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kelanjutan dari pertemuan
sebelumnya.
|
||||
Inti:
70 menit
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
|
Guru menunjuk 5-8
siswa untuk berpresentasikan tugasnya di depan tema-temannya.
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa mempresentasikan hasil resensi yang dibuat didepan teman-temannyas secara
panel.
|
||||
3.
|
Siswa yang
berpresentasi melakukan tanya jawab dengan siswa lain yang tidak
berpresentasi.
|
||||
Penutup:
10 menit
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
|
Guru
memberikan evaluasi.
|
|
|
|
|
2.
|
Bersama siswa
guru menyimpulkan pembelajaran yang diperoleh.
|
||||
3.
|
Guru
menyampaikan salam penutup
|
|
|
|
|
IX. Penilaian
Jenis
penilaian
|
Bentuk
|
Instrumen
penilaian
|
Test tulis
|
Uraian
|
Soal,
kunci jawaban, dan pedoman penskoran
|
Instrumen :
A. Soal-soal
1.Identifikasilah resensi yang berjudul “Membuka Selubung Bangsawan Melayu”
yang terdapat pada buku LKS hal 58 meliputi:
a. Judul resensi
b.
Identitas buku
c.
arah dan sasaran
d.
keunggulan buku
e.
kelemahan buku
2. Buatlah sebuah resensi karya sastra yang pernah Anda
baca! Kerjakan secara individu kemudian dipresentasikan di depan kelas secara panel. (untuk pertemuan kedua).
B. Kunci jawaban:
1. a. Judul resensi : Membuka Selubung Bangsawan Melayu
b. identitas
buku :
Judul : Pahlawan dan Cerita Lainnya, Mozaik
Melayu Modern
Judul asli :
Heroes and Other Stories
Penulis :
Yayasan Obor Indonesia
Tahun :
2006
Tebal :
164 halaman
c. kepengaranga
Karim Raslam
lahir lahir pada tanggal 2 Agustus 1963 di Petaling Jaya, Kuala Lumpur Malaysia. Ia tinggal 16 tahun di negara ibunya
yaitu Inggris. Ia mengambil pendidikan hukum di
Inggris dan menjadi pengacara dengan bahasanya yang tajam di harian-harian
berbahasa Cina dan Inggris. Ia lebih dikeal sebagai kolumnis ni Malaysia.
d. kelebihan
buku
- mengisahkan
tentang kisah nyata yang dilihat dan ditemukan sendiri oleh pengarang melalui penelitian yang dilakukan.
e. kelemahan
buku :
- penggunaan
bahasa Inggris yang terlalu tinggi sehingga orang sulit untuk memahaminya.
- penggunaan
singkatan-singkatan dalam bahasa Malaysia yang sering muncul tanpa keterangan.
2. kreatifitas siswa dalam menulis resensi, dengan syarat
unsur-unsur resensi sudah terpenuhi.
C. Pedoman penskoran
a. Tugas individu:
Skor
|
Kriteria
|
5
|
Jawaban
sangat sempurna
|
4
|
Jawaban
tepat
|
3
|
Jawaban
kurang tepat
|
2
|
Jawaban
salah
|
1
|
Tidak
dapat menjawab
|
Nilai = jumlah skor
yang diperoleh / jumlah skor maksimal x 100
Contoh:
Apabila mendapat
skor 20 maka nilai yang diperoleh:
Nilai =
20/25x100 = 80
-
90-100 : Amat Baik (A)
-
70-89 : Baik (B)
-
60-69 : Cukup (C)
-
50-59 : Kurang (K)
-
<49 span="" style="mso-tab-count: 1;"> 49>: Kurang Sekali (KS
b.
Resensi
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
|
Kelengkapan unsur resensi
Isi
Bahasa
Ejaan dan tanda baca
|
15-20
20-35
15-25
10-20
|
|
Jumlah
|
60-100
|
Kriteria Penilaian:
-
90-100 : Amat Baik (A)
-
70-89 : Baik (B)
-
60-69 : Cukup (C)
-
<60 span="" style="mso-tab-count: 1;"> 60>: Kurang (K)
Jember,15 September 2011
Guru Pamong
Mahasiswa PPL/Praktikan
Dul
Hadi, S.Pd
Moh.
Badrus Solichin
NIP. 196212281985121003 NIM. 080210402002
Mengetahui
Kepala SMA
Negeri 3 Jember,
Dosen Pembimbing,
Tatang
Prijanggono, S.Pd , M.Pd
Drs. Parto, M.Pd NIP.
196302131983031007
NIP.
196311161989031001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar