RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA Negeri 3 Jember
Mata Pelajaran :
Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas : XI IPS 1
Semester : 1
Alokasi Waktu : 1 x 45 (Pertemuan)
A.
STANDAR KOMPETENSI :
Membaca: Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca.
B.
KOMPETENSI DASAR :
Membaca berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik.
C.
INDIKATOR :
1.
Kognitif
a. Produk
·
Membacakan
naskah berita dengan memperhatikan intonasi, lafal, kejelasan ucapan, tatapan
mata, dan sikap dalam membacakan berita.
b. Proses
·
Menjelaskan teknik membaca berita yang benar melalui tayangan berita.
·
Memperhatikan/mendegarkan pemutaran video rekaman contoh penyampaian berita.
·
Menanggapi cara pembacaan naskah berita yang dilakukan
oleh siswa lain.
2.
Psikomotor
·
Memperhatikan
intonasi, lafal, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap ketika membaca isi berita.
3.
Afektif
a.
Karakter
·
Mandiri: satu persatu siswa akan
membacakan naskah berita.
·
Cermat: dengan penuh nikmat dan teliti
di dalam pemahaman teks berita.
·
Kreatif: siswa dituntut untuk sekreatif
mungkin ketika membaca teks berita.
·
Komunikatif: di dalam
penyampaian teks berita diharapkan apa yang dibacakan tepat guna dan dapat
dipahami secara jelas.
·
Tanggung
jawab: siswa dapat mempertanggungjawabkan tugasnya.
b.
Keterampilan sosial
·
Menjadi pendengar yang baik.
·
Membantu teman yang mengalami kesulitan.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Kognitif
a. Produk
·
Secara mandiri siswa akan membacakan
naskah berita dengan memperhatikan intonasi, lafal, kejelasan ucapan, tatapan
mata, dan sikap dalam membacakan berita.
b. Proses
· Siswa diberikan teks berita yang
sudah disiapkan, kemudian siswa dituntut untuk memhami dengan cermat teks
berita agar ketika membaca teks berita tampil dengan baik dan penuh
penghayatan.
2.
Psikomotor
·
Siswa dapat memperhatikan intonasi, lafal, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan
sikap ketika membaca
isi berita di depan kelas.
3. Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti mandiri, cermat, komunikatif, dan bertanggung
jawab.
b. Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang baik dan benar,
menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian Membaca Berita
Berita adalah laporan tercepat mengenai
fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar
khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau
media on-line internet.
Menurut Brian S Brook dkk (1985),
berita terdiri dari unsur fakta. Namun tidak setiap fakta adalah berita. Berita
biasanya menyangkut manusia tetapi tidak setiap orang bernilai berita. Berita,
demikian Brian S Brook, adalah tentang apa yang terjadi di dunia namun hanya
serpihan kecil fakta yang dilaporkan.
Membaca berita adalah kegiatan
dimana seorang pembaca berita (presenter) memperhatikan intonasi, lafal, kejelasan ucapan, tatapan
mata, dan sikap
ketika membaca teks berita.
2.
Persiapan Sebelum Membaca Berita
· Pahami berita yang akan
dibacakan.
· Bila perlu, perbaiki naskah
berita dengan sepengetahuan produser program.
· Koordinasi dengan produser
program terkait rundown berita dan wawancara bila ada.
· Siapkan waktu cukup untuk rias
wajah dan menata rambut.
· Selalu siap bila terjadi hambatan
teknis di saat sedang membawakan program.
· Tetap tenang dan relaks tapi
berpikir cepat dan ambil keputusan untuk langkah berikutnya
· Memberika jeda atau menandai isi
teks berita.
Contoh: Pemirsa/ kami mohon maaf/
gambar yang baru saja kami tayangkan bukan tentang penggusuran di Jakarta tapi
tentang tanggapan wakil presiden Yusuf Kalla tentang melonjaknya harga minyak
goreng// Kita beralih ke informasi berikutnya///”
3.
Cara Membaca Berita dengan Baik
· Baca berita seperti bercerita
kepada orang lain.
· Tatap kamera seakan menatap lawan
bicara.
· Ekspresi presenter harus sesuai
dengan berita yang dibacakan.
· Pembaca berita yang baik adalah
pembaca yang fasih, andal, dan cermat terhadap setiap kata, frase, klausa,
kalimat yang dibaca.
· Ketepatan intonasi, lafal, ucapan
yang jelas sangat mempengaruhi pembaca berita saat membacakan berita.
F.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model
pembelajaran : kooperatif
Metode pembelajaran : ceramah dan tanya jawab, penugasan, dan unjuk kerja.
G.
BAHAN
Video rekaman membaca berita dan printout teks
berita.
H.
ALAT
Laptop dan sound.
I.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Penilaian oleh
Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A.
|
Kegiatan Awal (10 menit)
3.
Mengarahkan pemahaman siswa tentang berita
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
B.
|
Kegiatan
Inti (60 menit)
1. Siswa mendengarkan penjelasan materi tentang membaca berita yang baik dan
benar
2. Siswa dengan cermat menyimak hasil rekaman contoh pembacaan berita yang telah diputarkan
3. Siswa membacakan teks berita yang sudah disiapkan oleh guru
di depan kelas
4. Siswa lain secara bergantian menanggapi dan menilai pembacaan berita yang
disampaikan temannya
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
C.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Mengevaluasi
hasil pembelajaran
2. Memberikan
salam penutup
|
|
|
|
|
J.
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku panduan
pendidik Bahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas XI penerbit Intan Pariwara
2. LKS (Membaca Berita, hal; 18-19)
3. Rekaman video pembacaan berita dari internet
K.
Penilaian
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Non Tes
|
Pengamatan sikap unjuk kerja
|
Rubrik Pengamatan
|
Ø Kolom Penilaian
No
|
Individu
|
Aspek
penilaian
|
||
Intonasi
|
Lafal
|
Sikap membaca
|
||
1.
2.
3.
4.
|
Andrian
Reni Titi
Ayo Rosa
Devy Alem
|
|
|
|
Ø Rentangan Nilai Peraspek:
Kemampuan amat
baik 40
Kemampuan baik 30
Kemampuan
cukup 20
Kemampuan
kurang 10
Nilai = jumlah skor aspek
yang diperoleh / 120 x 100
Ø Predikat:
-
90-100 : Amat Baik
(A)
-
70-89 : Baik (B)
-
60-69 : Cukup
(C)
-
50-59 : Kurang
(K)
-
<49 span="" style="mso-tab-count: 1;"> 49>:
Kurang Sekali (KS)
Jember, 24 November 2011
Guru Pamong, Mahasiswa
PPL,
Dul Hadi, S.Pd.
Moh.
Badrus Solichin NIP. 196212281985121003 NIM.
080210402002
Mengetahui,
Kepala SMA
Negeri 3 Jember, Dosen Pembimbing,
Tatang Prijanggono, S.Pd., M.Pd. Drs.
Parto, M.Pd. NIP. 196302131983031007 NIP. 196311161989031001