Jumat, 12 Juni 2015

ANAK MUDA BERTANYA, MUSEUM MENJAWAB


ANAK MUDA BERTANYA, MUSEUM MENJAWAB!



(Pic by Darmuseum)



Museum, berdedikasi mengabadikan benda purbakala.
Museum, mengklarifikasi kebenaran suka-duka sejarah bangsa. 
Museum, mengilustrasikan masa lampau, masa kini, dan masa depan suatu peradaban.
Museum, tidak lain dari destinasi rekreasi edukasi yang paling mengasyikkan.
Akan tetapi, semua itu tanpa ‘Anak Muda’, bakalan penuh dengan kesiasiaan. Sehingga segala fungsi, makna dan keluhuran Museum tidak ubahnya bangkai, mati, yang tidak mampu bercerita!

Peran Anak Muda sebagai agent of change, merupakan motif utama pelestari Museum yang ada di Indonesia. Kenapa harus Anak Muda? Anak Muda memiliki masa depan yang terbentang luas; semangat juang Anak Muda tidak lain dari pahlawan masa kini; impian Anak Muda menorehkan peta peradaban yang progresif dan bernas keluhuran nasionalisme. Sebab itu, Museum di genggaman Anak Muda merupakan langkah komprehensif yang harus dicanangkan oleh pemerhati Museum.

Memang disadari realitasnya, tidak mudah mempraktikkan langkah tersebut. Perlu niatan besar dan strategi yang cerdas agar imbasnya tepat pada misi besar, untuk apa Museum didirikan. Strategi cerdas yang dimaksudkan berkenaan dengan pengelolaan. 

Mengelola dan melestarikan Museum, agar megah dan menarik dijadikan destinasi utama dalam berekreasi edukasi, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anggaran dana, mesti menjadi alasan klasik kenapa perawatan terabaikan. Lagilagi pengelola Museum yang akan disalahkan. Padahal, perihal dana tidak sederas terguyurkan dari atasan. Donasi pengunjung pun bakalan tidak mencukupi kebutuhan revitalisasi. Apalagi donasi bisa sangat menyedihkan, bagi Museum yang berskala pribadi/swasta. Inilah realitas birokrasi Museum yang kita temui di Negara ini. Menuntut serba kelayakan, tetapi miskin kesadaran akan rasa layak!

Bagaimana solusinya? Strategi cerdas pengelolaan Museum jawabannya. Tanpa guyuran derasnya dana, sebetulnya problematika seperti itu bisa diatasi. Asalkan pemerhati atau pengelola Museum dengan gigih menuangkan gagasan strategisnya. Dimulai dari program revitalisasi. Sebetulnya tidak hanya bangunan Museum, pengelola Museum juga layak direvitalisasi. Dalam hal, kesadaran akan profesinya, niatan, tanggung jawab dan semangat kerja kerasnya. Karena pada dasarnya, merawat Museum beserta isinya, samahalnya merawat organ tubuh masa depan anak cucunya. 

Bagaimana menarik daya pengunjung Museum?  Hal ini barangkali menjadi polemic utama pengelola Museum. Mengingat, Museum didirikan untuk mengabadikan, mengenang dan membelajarkan. Tanpa pengunjung, Museum tidak ada kehidupan. Tidak ada pundi_pundi untuk merevitalisasi benda_benda yang dimuseumkan. Solusinya, perlu kiranya pengelola Museum untuk berkorelasi dengan Anak Muda.                                                                                             Menjalin kerjasama yang samasama diuntungkan. Kerjasama yang jauh dari aspek kapitalis, tetapi menghadirkan pembelajaran yang berkarakter nasionalis bagi Anak Muda. 

Pencanagan program pengenalan Museum ke sekolah. Secara suka rela pengelola/pemerhati Museum mendatangi sekolah untuk mengenalkan dan membelajarkan langsung benda_benda yang dimuseumkan. Sehingga diharapkan siswa memiliki ketertarikan dan keingintahuan untuk berkunjung ke Museum. Seperti di Yogyakarta yang memiliki berpuluhpuluh Museum. Namun sayangnya, bila disurve hanya beberapa siswa yang tahu nama dan keberadaan Museum dikotanya. Penyebabnya minimnya publikasi. Adanya publikasi langsung ke lapangan, dapat menanamkan rasa cinta dan kepeduliaan siswa terhadap Museum. Bila sudah cinta, dijamin tidak ada lagi stereotip Museum sebagai bangunan angker, seram, kumuh atau gaptek.

Menjadikan Museum sebagai sarana pendidikan bangsa. Museum di Perancis, tidak sekedar menjadi tempat mengabadikan benda bersejerah. Tempat siswa untuk mengenal lebih dekat dan riil bagaiman proses sejarah bangsanya serta benda peninggalannya. Bilamana hal ini diterapkan di Indonesia, misalnya dengan mengaitkan program kunjungan Museum dalam kurikulum pembelajaran. Menjadikan pembelajaran sejarah tidak sekedar belajar teori, namun praktik langsung dengan mengunjungi benda purbakala di Museum pastinya menjadi pengalaman berarti. Dalam repertoar siswa yang namanya 
study tour bukan lagi hurahura di pantai, melainkan Museum destinasi tepatnya. Bila terealisasi, misi besar Museum Indonesia di bidang pemeliharaan, riset, edukasi dan rekreasi tidak sekedar menjadi buah tulisan. 


Museum selayaknya kafetaria. Tempat belajar mengenal benda purbakala selayaknya tempat mengenal sajian menu makanan eropa. Tempat menyimak cerita bersejarah selayaknya tempat mendengarkan irama music. Tempat merenungkan kerja kerasnya pejuang bangsa sebagaimana menggalaukan cita_cita yang diimpikan. Tempat untuk mengenang nama_nama leluhur sebagaimana mengenang kembali, “Hari Museum Internasional 2015”.

Sejarah pengetahuanku, Museum di hatiku…… :)