PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI
SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BIPA
Oleh :
MOH. BADRUS SOLICHIN (080210402002)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2011
MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BIPA
A.PENGERTIAN MENULIS
Menulis atau mengarang adalah proses menggambarkan suatu bahasa sehingga pesan yang disampaikan penulis dapat dipahami pembaca (Tarigan, 1986:21). Dari pendapat ahli tersebut mengacu pada menulis sebagai proses melambangkan bunyi-bunyi ujaran berdasarkan aturan-aturan tertentu. Artinya, segala ide, pikiran, dan gagasan yang ada pada penulis disampaikan dengan cara menggunakan lambang-lambang bahasa yang terpola. Melalui lambang-lambang tersebutlah pembaca dapat memahami apa yang dikomunikasikan penulis.
Di dalam pembelajaran BIPA, menulis bertujuan untuk menjadikan anak didik memiliki pengetahuan menulis, bersikap positif terhadap ilmu dan aktivitas, sehingga mampu mencapai kegiatan keterampilan menulis dengan hasil yang baik dan benar.
B.PARAGRAF DESKRIPSI
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas dan terperinci. Paragraf deskrispi bertujuan melukiskan atau memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, membaca, atau merasakan hal yang dideskripsikan.
1.Paragraf deskripsi memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
Menggambarkan atau melukiskan sesuatu,
Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera,
Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
2.Pola pengembangan paragraf deskripsi.
Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.
3.Langkah menyusun paragraf deskripsi.
Menentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
Menentukan tujuan penulisan
Mengumpulkan data dengan mengamati objek yang akan dideskripsikan
Menyusun data tersebut ke dalam urutan yang baik (menyusun kerangka karangan).
4.Contoh paragraf deskripsi
Tema: Fenomena Pagi
Tepat pada pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok. Seolah-olah ayam itu menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tidur. Serta dapat ku matahari mulai menampakkan diri dari ujung timur. Fenomena itu terjadi, pertanda pagi telah datang.
C.MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BIPA
Pembelajaran menulis paragraf deskripsi dalam pembelajaran BIPA, hendaknya selalu diarahkan kepada terampil menulis dalam bahasa Indonesia (bahasa target). Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang pengajar dalam merencanakan pengajarannya harus memperhatikan bagaimana cara menulis paragraf deskripsi yang baik dan benar? Tentunya pengajar harus mampu menjelaskan bagaimana ciri-ciri, pola paragraf, dan langkah-langkah penulisan paragraf deskripsi kepada peserta didik.
Hasil tulisan dari peserta didik tersebut nantinya didiskusikan bersama di depan kelas, sehingga peserta didik diharapkan mengetahui kelemahan dan keunggulannya dalam menulis paragraf deskripsi. Sehingga di akhir pembelajaran ini diperoleh out put, dimana peserta didik terampil menulis dan mengerti tentang kaidah-kaidah menulis paragraf deskripsi dalam bahasa target (bahasa Indonesia).
Berikut ini wujud dari pembelajaran menulis paragraf deskripsi dalam pembelajaran BIPA. Disini penyusun mencoba menggunakan media gambar, yang bertujuan untuk membantu kemampuan mendeskripsikan kalimat ke dalam bahasa target (bahasa Indonesia). Diharapkan dengan melihat gambar, peserta didik mampu mendeskripsikan gambar ke dalam kata dan kalimat hingga membentuk suatu paragraf deskripsi.
Berikut ini langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar.
a)Berikut ada tiga gambar yang dapat dideskripsikan ke dalam kegiatan menulis paragraf deskripsi.
b)Dari ketiga gambar di atas, pengajar dapat menyuruh peserta didik untuk memilih salah satu gambar untuk dideskripsikan sesuai dengan karakter gambar yang dipilih ke dalam kegiatan menulis paragraf deskripsi.
c)Jika ada peserta didik merasa kesulitan untuk memahami karakter gambar yang dipilih, pengajar dapat membantu dengan menunjukkan kata kunci bantuan (ciri khas dari gambar). Misalkan saja kata kunci bantuan untuk Gambar 2 (Kambing). Berupa kata: Rumput, Berbulu, ataupun Bertanduk.
d)Di sela-sela kegiatan menulis, pengajar tidak lupa mengamati proses kegiatan menulis peserta didik dan memberikan stimulus berupa motivasi.
e)Jika kegiatan menulis peserta didik selesai, pengajar mempersilahkan peserta didik untuk membacakan hasil tulisannya di depan kelas. Dari sinilah pengajar memberikan penilaian dan evaluasi atas hasil proses belajar peserta didik.
Berikut ini contoh dari tulisan paragraf deskripsi tentang penjelasan Gambar 1 (Bus Sekolah).
Di pagi hari Ibu sudah membangunkanku dari tidur tepat pada pukul 05.30. Sebab aku akan bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Jika aku tetap bermalas-malasan di tempat tidur, pastinya aku akan ketinggalan bus sekolah. Biasanya bus sudah datang menjemputku pada pukul 06.00. Kedatangan bus sekolah selalu tepat waktu. Aku dan teman-temanku selalu menikmati jika sudah berada di dalam bus. Hingga tak terasa bus sudah mengantarkan kami dengan selamat sampai di sekolah.
Makasih contoh paragraf deskriptifnya, gan. Izin ambil buat bahan analisis BIPA ane ya. Danke
BalasHapus