Senin, 16 Mei 2011

ANALISIS BUKU TEKS SEKOLAH: AKTIF DAN KREATIF BERBAHASA INDONESIA KELAS X SMA/MA, SEMESTER 1 (BSE)

ANALISIS BUKU TEKS SEKOLAH:

AKTIF DAN KREATIF BERBAHASA INDONESIA
KELAS X SMA/MA, SEMESTER 1 (BSE)



OLEH
ANGGOTA KELOMPOK:

1.MOH. BADRUS SOLICHIN (080210402002)
2.EKA RAHAYU NINGSIH (080210402010)
3.FERRY GUNAWAN (080210402027)
4.ARINI SUSANA (080210402031)
5.INDRI (080210402042)
6.SEPTIA DWI INDRASARI (080210402046)




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JEMBER
2011










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 1 poin A sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu berbicara atau menceritakan pengalaman pribadi.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang bagaimana siswa pada saat menceritakan pengalaman dapat menggunakan berbagai macam ekspresi wajah dan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menyampaikan pengalaman kepada orang lain. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin A tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa menceritakan pengalaman yang pernah dialami. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 1 adalah kreativitas, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berisi menceritakan pengalaman pribadi Priska Anggraeni menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin A ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengakapan itu nampak adanya pembahasan bagaimana siswa pada saat menceritakan pengalaman dapat menggunakan berbagai macam ekspresi wajah dan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menyampaikan pengalaman kepada orang lain. Serta adanya teks bacaan yang mendukung.










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 1 poin B sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu menuliskan dan menceritakan pengalaman dengan menggunakan urutan waktu dan tempat kejadian.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang pengertian karangan naratif, langkah-langkah penulisan karangan naratif, contoh kerangka karangan. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin B tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan menulis, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa agar menuliskan karangan naratif berdasarkan situasi yang sudah ditentukan. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 1 adalah kreativitas, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berjudul ''Susur Sungai Cikapundung'' KMPA–PSIK: Rekreasi Sekaligus Pembelajaran menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.
e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin B ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengakapan itu nampak adanya pembahasan pengertian karangan naratif, langkah-langkah penulisan karangan naratif, contoh kerangka karangan. Serta adanya teks bacaan yang mendukung.










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 1 poin C sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu membacakan puisi.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan siswa ketika membacakan puisi dan materi bagaimanakah cara mendeklamasikan puisi yang baik. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin C tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan membaca, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa membacakan puisi dengan baik. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.



d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 1 adalah kreativitas, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berupa teks puisi yang berjudul Pada Suatu Hari Nanti menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin C ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengakapan itu nampak adanya pembahasan hal-hal yang perlu diperhatikan siswa ketika membacakan puisi dan materi bagaimanakah cara mendeklamasikan puisi yang baik. Serta adanya teks bacaan yang mendukung.











a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 2 poin A sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu memperkenalkan diri dan diharapkan kemampuan berkomunikasi siswa pun akan bertambah.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang bagaimana memperkenalkan diri di forum-forum resmi serta pentingnya pencantuman daftar riwayat hidup di dalam kegiatan memperkenalkan diri. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin A tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa membentuk diskusi serta memperkenalkan moderator dan narasumber di dalam forum resmi diikuti penyebutan daftar riwayat hidup. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 2 adalah lingkungan, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berisi contoh pembicaraan yang diucapkan oleh seorang moderator dan contoh cara memperkenalkan orang lain dalam diskusi yang peserta dan pembicaranya lebih umum menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin A ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengakapan itu nampak adanya pembahasan bagaimana memperkenalkan diri di forum-forum resmi serta pentingnya pencantuman daftar riwayat hidup di dalam kegiatan memperkenalkan diri. Serta adanya teks bacaan yang mendukung.








a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 2 poin B sudah sesuai, karena di dalam tujuan pelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan melalui membaca cepat siswa dapat menemukan ide pokok dalam sebuah teks.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi tidak sesuai
Di dalam materi pelajaran hanya tertera materi tentang teknik membaca cepat serta langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengukur kecepatan membaca. Seharusnya pada materi tersebut juga tercantum materi tentang bagaimana menemukan ide pokok melalui membaca cepat.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin B tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan membaca, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk membaca cepat dengan memperhatikan teknik membaca cepat yang baik dan memperhatikan waktu memulainya membaca sampai berakhirnya membaca. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.


d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 2 adalah lingkungan, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berjudul Pencemaran Sungai jadi Ancaman menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin B ini tidak lengkap. Karena hanya terdapat materi tentang teknik membaca cepat serta langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengukur kecepatan membaca. Sedangkan materi tentang bagaimana menemukan ide pokok melalui membaca cepat tidak ada.











a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 2 poin C sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu menulis puisi.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi tidak sesuai
Di dalam materi pelajaran hanya tertera materi tentang jenis-jenis puisi dan unsur intrinsik puisi. Padahal seharusnya terdapat pembahasan materi tentang teknik-teknik penulisan puisi.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin C tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan menulis, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa menuliskan sebuah puisi dengan tema bebas. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 2 adalah lingkungan, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berupa teks puisi karya Sapardi Djoko D menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin C ini tidak lengkap. Yaitu tidak terdapatnya materi tentang teknik-teknik penulisan puisi.










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 3 poin A sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu mendiskusikan suatu permasalahan sehingga bermanfaat untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berargumen.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang manfaat kegiatan mendiskusikan masalah terkait kemampuan mengasah daya nalar dan berargumen. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin A tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa membaca dua teks bacaan kemudian didiskusikan dengan teman-teman serta mampu menemukan kosa kata yang dirasa sulit dipahami. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 3 adalah kesehatan, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang ada menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin A ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengakapan itu nampak adanya pembahasan materi manfaat kegiatan mendiskusikan masalah terkait kemampuan mengasah daya nalar dan berargumen i. Serta adanya teks bacaan yang mendukung.










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 3 poin B sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan pada siswa diharapkan mampu menuliskan dan mengembangkan paragraf ke dalam karangan ekspositoris.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang pengertian karangan ekspositoris, tujuan pembelajaran karangan ekspositoris dan kerangka karangan. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin B tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan menulis, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa menulis karangan ekspositoris dengan tema kesehatan. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 3 adalah kesehatan, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang ada menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.


e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin B ini sudah lengkap dan sesuai dengan tujuan pelajaran yang ada.










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 3 poin C sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang bagaimana mengidentifikasi karya sastra beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin C tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan menyimak, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa mendengarkan rekaman isi novel. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 3 adalah kesehatan, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berupa novel yang berujudul Tarian Bumi keduannya tidak memiliki kesesuaian. Karena tema novel tersebut adalah budaya.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin C ini lengkap. Yaitu materi tentang mengidentifikasi karya sastra beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 4 poin A sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu mengemukakan hal-hal menarik dan mengesankan dalam cerita pendek.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang jenis-jenis cerpen dan hal-hal menarik yang terkait dalam isi cerpen. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin A tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa membaca cerpen terlebih dahulu kemudian menungkapkan pendapat sesuai dengan hal-hal yang menarik dalam cerpen. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan tidak sesuai
Tema pelajaran 4 adalah kegiatan, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berupa cerpen yang berjudul Shalawat Badar karya Ahmad Tohari menandakan tidak adanya kesesuaian di antara keduannya. Karena pada cerpen tersebut bertema peristiwa.



e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin A ini lengkap. Tentang jenis-jenis cerpen dan hal-hal menarik yang terkait dalam isi cerpen.








a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 4 poin B sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu menganalisis unsur intrinsik cerpen.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin B tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan apresiasi sastra, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk membaca cerpen, kemudian menulis hal-hal penting yang terkait dengan unsur intrinsik. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 4 adalah kegiatan, jika dikaitkan dengan teks cerpen yang ada sudah sesuai dengan tema kegiatan.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin B ini lengkap. Sudah terdapatnya pembahasan unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam cerpen.








a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 4 poin C sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik namun sebelumnya siswa akan melakukan proses menyimak terlebih dahulu.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi tidak sesuai
Di dalam materi pelajaran hanya tertera materi tentang tahapan-tahapan menyimak informasi, sedangkan materi tentang tahapan menanggapi berita tidak ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin C tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara, sedangkan pada uji materi adanya perintah kepada siswa untuk mendengarkan bacaan yang dibacakan kemudian menanggapi permasalahan terkait pada isi berita. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 4 adalah kegiatan, jika dikaitkan dengan kedua teks bacaan yang ada sudah sesuai. Pada bacaan Ratusan Warga Pesisir Selatan Butuh Bantuan bertema dengan kegiatan sosial.




e)Kelengkapan materi
Pada pelajaran 4 poin C ini materi yang ada tidaklah memiliki kelengkapan materi. Yang ada hanya materi tahapan-tahapan menyimak informasi, sedangkan materi tentang tahapan menanggapi berita tidak ada.











a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 5 poin A sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu menemukan nilai-nilai dalam sebuah cerita pendek dengan harapan daya apresiasi siswa terasah.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang pengertian nilai moral beserta wujud dari nilai moral yang ada di dalam cerpen. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin A tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan apresiasi sastra, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa membaca cerpen yang ada kemudian siswa disuruh mencari nilai moral yang ada dalam cerpen. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 5 adalah kehidupan sosial, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berupa cerpen yang berjudul Parmin karya Jujur Prananto menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.



e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin A ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengkapan itu nampak adanya pembahasan pengertian nilai moral beserta wujud dari nilai moral yang ada di dalam cerpen. Serta adanya teks bacaan yang mendukung.








a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 5 poin B sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu mendalami unsur-unsur suatu puisi yang dibacakan; memahami struktur dan kata dalam puisi.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang bangun sruktur puisi serta bentuk dan isi, kata dalam puisi. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin B tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan menyimak, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa menyimak puisi yang dibacakan, serta menutup buku dan menghayati puisi yang didengarkan dengan baik. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan tidak sesuai
Tema pelajaran 5 adalah kehidupan sosial, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berupa bait puisi yang berjudul Salju menandakan ketidakadanya kesesuaian di antara keduannya. Karena tema puisi yang ada seharusnya berkaitan dengan kehidupan sosial, sedangkan pada puisi yang berjudul Salju tersebut bertemakan lingkungan.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin B ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengakapan itu nampak adanya pembahasan bangun sruktur puisi serta bentuk dan isi, kata dalam puisi.









a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 5 poin C sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu membaca sebuah teks tanpa pengulangan, mengingat kembali isi bacaan, lalu merinci hal-hal pokok dalam bacaan.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang hakikat membaca ekstensif serta bagaimana cara mengidentifikasi dari hasil membaca ekstensif pada siswa dan juga terdapat bagaimana menelaah fakta dan opini dalam naskah bacaan. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin C tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan membaca, sedangkan pada uji materi adanya perintah kepada siswa untuk membaca dua teks bacaan yang berbeda dengan seksama, kemudian siswa disuruh menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan isi kedua bacaan tersebut. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.
d)Tema dengan bacaan tidak sesuai
Tema pelajaran 5 adalah kehidupan sosial, jika dikaitkan dengan kedua teks bacaan yang ada tidak adanya keterkaitan tema. Kedua bacaan yang berjudul Mari Merawat Mata dan Tips Tidur Sehat menandakan ketidakadanya kesesuaian di antara keduannya. Karena kedua bacaan tersebut bertema kesehatan.

e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin C ini sudah mencukupi jika dikaitkan dengan KD yang ada. Kelengakapan itu nampak adanya pembahasan hakikat membaca ekstensif serta bagaimana cara mengidentifikasi dari hasil membaca ekstensif pada siswa dan juga terdapat bagaimana menelaah fakta dan opini dalam naskah bacaan.










a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 6 poin A sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu mengungkapkan isi puisi setelah mengapresiasi karya sastra yang ada.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang unsur dasar dalam menganalisis puisi dan tahap kegiatan dalam analisis makna puisi. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi tidak sesuai
Pada poin A tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan berbicara, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa membaca puisi. Hal ini menandakan adanya ketidaksesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 6 adalah alam sekitar, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berupa puisi yang berjudul Salju karya Wing Kardjo menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.




e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin A ini sudah lengkap. Kelengkapan itu nampak adanya pembahasan materi unsur dasar dalam menganalisis puisi dan tahap kegiatan dalam analisis makna puisi.









a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 6 poin B sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu menulis puisi lama.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang ciri-ciri puisi lama, macam-macam puisi lama beserta pengertian dan ciri-cirinya. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin B tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan menulis, sedangkan pada uji materi adanya perintah untuk siswa membentuk kelompok dan kemudian menuliskan jenis salah satu puisi lama. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 6 adalah alam sekitar, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang ada sudah sesuai.


e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin B ini sudah lengkap. Adanya materi tentang ciri-ciri puisi lama, macam-macam puisi lama beserta pengertian dan ciri-cirinya.








a)KD dengan tujuan pembelajaran sudah sesuai
Kompetensi dasar dan tujuan yang tertulis pada pelajaran 6 poin C sudah sesuai, karena di dalam tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari KD sudah menunjukkan kalau siswa diharapkan mampu menulis sebuah paragraf deskriptif melalui observasi atau pengamatan terlebih dahulu.

b)Tujuan pembelajaran dengan materi sudah sesuai
Di dalam materi pelajaran tertera materi tentang pengertian paragraf deskriptif serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan paragraf deskriptif. Hal ini menandakan adanya kesesuaian dengan isi tujuan pembelajaran yang ada.

c)Keterampilan bahasa dengan uji materi sudah sesuai
Pada poin C tertera adanya keterampilan yang ingin dicapai adalah keterampilan menulis, sedangkan pada uji materi adanya perintah kepada siswa untuk membuat kerangka karangan deskriptif kemudian menuliskan dengan tema alam sekitar. Hal ini menandakan adanya kesesuaian antara keterampilan bahasa dengan uji materi.

d)Tema dengan bacaan sudah sesuai
Tema pelajaran 6 adalah alam sekitar, jika dikaitkan dengan teks bacaan yang berjudul Kekayaan Hutan Mangrove di Papua menandakan sudah adanya kesesuaian di antara keduannya.


e)Kelengkapan materi
Kelengkapan materi pelajaran pada poin A ini sudah lengkap. Yaitu tentang pengertian paragraf deskriptif serta hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan paragraf deskriptif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar