Rabu, 15 Juni 2011

SKENARIO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SDN Tegal Boto 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/ 1
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit


I. Standar Kompetensi
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan

II. Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting atau pokok dari suatu teks yang dibacakan

III. Indikator
• Menemukan hal-hal penting atau pokok dari teks yang dibacakan
• Menulis hal-hal penting atau pokok dari teks yang dibacakan

IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu,
• menuliskan hal-hal penting atau pokok yang ada di dalam teks yang dibacakan

V. Materi Ajar
• Hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika mendengarkan teks yang dibacakan
• Menemukan hal-hal penting atau pokok teks bacaan

VI. Metode Pembelajaran
• Demokrasi, Latihan, dan Inkuiri

VII. Skenario Pembelajaran

Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
 Pengkondisian kelas sebelum dimulai pelajaran
 (Guru: Melihat seisi ruang kelas apakah sudah kondusif atau belum. Jika kelas belum kondusif, guru menata kelas dan mengkondisikan siswa untuk tenang dan agar siap mengikuti pelajaran yang akan disampaikan)
 Salam pembuka
 (Guru: Menyampaikan salam pembuka di awal pembelajaran, salam pembuka ini bisa berupa:
“Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu..../Selamat pagi anak-anak?”)
 (Siswa: Menjawab salam dan sapaan guru dengan baik dan sopan.
“Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatu..../Selamat pagi Pak Guru.”)
 Pengecekkan kehadiran siswa di kelas
 (Guru: Melakukan pengabsenan siswa satu persatu, dengan memanggil nama siswa sesuai dengan urutan daftar nama siswa. Tidak lupa guru mendata siswa yang hadir maupun siswa yang tidak hadir, pendataan ini bisa berupa pemberian simbol/kode pada kolom presensi nama masing-masing siswa.
“Anak-anak, sebelum bapak memulai pembelajaran pada pagi hari ini, terlebih dahulu bapak akan melakukan absensi kepada kalian. Silahkan nama-nama yang bapak panggil, silahkan acungkan jari.”
“Yang pertama, Agus Santoso......”)
 (Siswa: “Hadir Pak.” [Agus mengacungkan jari telunjuknya])
 Penyampaian tujuan pembelajaran
 (Guru: Setelah melakukan absensi kepada siswa, kemudian guru memulai pembelajaran. Namun sebelumnya, guru terlebih dahulu menyampaiakan tujuan pelajaran yang akan disampaikan. Penyampaian tujuan pelajaran ini, berupa apersepsi menarik yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan.
“Anak-anak, apakah kalian tahu? Kira-kira masyarakat di kota Jember ini ketika hari libur datang, biasanya pergi kemanakah?”)
 (Siswa: “Pergi ke rumah nenek. [jawab Tian, dengan semangat.]”)
 (Guru: “Iya, terimakasih Tian. Selain Tian, apakah ada lagi yang mau menjawab?”)
 (Siswa: “Saya Pak.” [Isti mengacungkan jari])
 (Guru: “Iya silahkan Isti!”)
 (Siswa: “Saya dan keluarga kalau musim liburan datang, pasti kami pergi ke tempat wisata.“)
 (Guru: “Iya bagus sekali Isti. Itu jawaban yang bapak harapkan. Tepatnya pada pagi hari ini, bapak akan mengajarkan kepada kalian terkait materi menuliskan hal-hal penting yang ada di dalam teks bacaan tentang tempat wisata.”)
 Guru menggali pengetahuan siswa tentang tempat wisata
 (Guru: “Anak-anak apakah di antara kalian ada yang pernah ke tempat wisata yang ada di kota Jember ini?”)
 (Siswa: “Pernah Pak.”[Siswa menjawab serentak])
 (Guru: “Wahh, tidak bapak sangka. Ternyata kalian semua sering berlibur ke tempat wisata ya?! Apakah kalian juga pernah ke Watu Ulo?”)
 (Siswa: “Sering sekali Pak!” [Siswa menjawab serentak dengan penuh riang])
B. Kegiatan Inti :
 Guru menyajikan teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata
 (Guru: Menyediakan teks bacaan yang bertema tentang tempat wisata. Teks bacaan yang sudah disiapkan, nantinya akan dibacakan secara lantang di depan siswa. Kemudian siswa menyimak dan mencatat hal-hal penting yang ada di dalam teks bacaan.)
 (Guru: “Anak-anak, bapak memiliki sebuah teks bacaan tentang tempat wisata. Teks bacaan ini berjudul Tempat Wisata di Pantai Watu Ulo. Silahkan menyimaknya dengan baik dan kalian sediakan alat tulis, kemudian catatlah hal-hal penting yang ada di dalam teks bacaan yang akan bapak bacakan. Karena bapak nanti akan memberikan beberapa pertanyaan kepada kalian, terkait isi teks bacaan.”)
 (Siswa: Semua siswa menjalankan perintah yang diucapkan oleh guru.)
 Guru menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mendengarkan teks yang dibacakan
 (Guru: “Sebelum bapak membacakan teks bacaan, bapak akan menjelaskan terlebih dahulu tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kalian mencatat hal-hal penting yang ada di dalam teks bacaan.”)
 (Guru: “Silahkan apa yang bapak sampaikan, tolong kalian catat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan yang ada di dalam teks bacaan di antaranya:
1. Memahami judul teks bacaan
2. Menemukan hal-hal penting yang ada di dalam paragraf
3. Mencatat hal-hal penting yang ada di dalam tiap masing-masing paragraf.”)
 (Guru: “Apakah dari penjelasan bapak tadi, ada yang belum dipahami? Silahkan kalian bertanya?”)
 (Siswa: “Saya mau bertanya Pak. Apakah kita juga perlu mengetahui tema yang ada di dalam bacaan?” [Tanya Budi])
 (Guru: “Pertanyaan dari Budi sangatlah bagus sekali.”)
 (Guru: “Benar sekali, selain keempat poin yang bapak sebutkan tadi, mengetahui tema bacaan juga merupakan hal penting. Karena jika kita sudah mengetahui tema yang ada di dalam bacaan, kita akan lebih mudah memahami isi teks yang ada di dalam bacaan.
Bagaimana Budi, apakah sudah jelas penjelasan dari bapak?”)
 (Siswa: “Sudah paham.” [Budi menganggukkan kepala])
 Guru membacakan teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata kepada siswa
 (Guru: “Bapak kira sudah tidak ada yang perlu dipertanyakan lagi, langsung saja bapak akan membacakan teks bacaannya. Silahkan kalian perhatikan.”)
 (Guru: Membacakan teks bacaan dengan suara yang lantang, serta memperhatikan intonasi, jeda dan tanda baca.
Teks bacaan yang berjudul,
“Tempat Wisata di Pantai Watu Ulo”

Gambar, Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo, yang terletak di Samudera Indonesia mempunyai panorama alam yang indah. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota (33 km arah selatan). Pantai ini selalu banyak dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara, khususnya pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Di kawasan pantai Watu Ulo ini masih banyak obyek wisata lain yang patut dikunjungi, seperti Pantai Payangan, Gua Jepang, dan Gua Lawa yang merupakan tempat bersejarah peninggalan Perang Dunia II. Uniknya, untuk mencapai gua ini para wisatawan harus menuruni “Turunan Senggol” sebanyak 66 tangga yang sangat mengasyikkan.
Dari kawasan pantai Watu Ulo ke arah barat terdapat obyek wisata yang tidak kalah menariknya, yaitu Tanjung Papuma yang terdiri dari Pantai Pasir Putih dan Malikan. Obyek wisata ini mempunyai kawasan pasir putih yang memesona dengan panorama yang asri. Di kawasan ini, para wisatawan juga dapat menyaksikan kemegahan gugusan Pulau Dewa (Khresna, Narada, dan Batara Guru).
Untuk mencapai kawasan wisata ini, para wisatawan dapat berjalan kaki atau mengendarai kendaraan bermotor. Selain menikmati pemandangan pantai, pada saat cuaca baik, para wisatawan juga dapat bersampan sambil memancing ikan di laut.
Di kawasan Papuma ini masih terdapat kawasan Wana Wisata yang terletak di komplek hutan Londol ampesan yang memiliki fasilitas jalan lintas panorama dan pendakian sepanjang 500 meter, bumi perkemahan, Balairung Tanjung Papuma dan kios-kios cinderamata.
Wisata Alam Rembangan, salah satu obyek wisata alam pegunungan yang terletak di Desa Kemuninglor Kecamatan Arjasa, tepatnya di lereng pegunungan Argopuro pada ketinggian 540 meter dari permukaan laut dengan suhu udara 180 - 250 serta curah hujan rata-rata 4.626 mm per tahun.
Di kawasan wisata ini, tersedia fasilitas yang memadai, seperti hotel, restoran, kolam renang, lapangan tenis dan alamnya sangat cocok untuk kegiatan olahraga berkuda dan sepeda gunung (pernah digunakan untuk lomba sepeda gunung PON XV).
Di kawasan ini juga, dikembangkan agrowisata dengan berbagai jenis tanaman, seperti kopi, cengkeh, durian, dan pisang agung. Untuk menuju obyek wisata ini, para wisatawan dapat menempuhnya dengan kendaraan.
Sumber Bacaan: http://students.ukdw.ac.id

 Siswa menyimak isi teks bacaan yang berisikan tentang tempat wisata
 (Siswa: Meyimak isi teks bacaan yang dibacakan dengan seksama. Tidak lupa siswa memperhatikan hal-hal penting yang ada di dalam bacaan, tetap dalam posisi meyimak aktif dan selalu memperhatikan tiap isi masing-masing paragrafnya.)
 Siswa menuliskan hal-hal penting atau pokok dari teks yang dibacakan
 (Siswa: Sesudah menemukan hal-hal penting yang ada di dalam isi teks bacaan. Kemudian siswa mencatatnya ke dalam buku tulis.)

 Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait isi teks bacaan
 (Guru: “Anak-anak, bapak ingin memberikan pertanyaan singkat kepada kalian. Pertanyaan ini semua berkaitan dengan isi teks bacaan yang sudah kalian simak. Silahkan yang bisa menjawab, untuk mengacungkan jari dan bapak akan memberikan nilai kepada siapa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar.”)
 (Guru: “Pertanyaan pertama. Di manakah letak pantai Watu Ulo?”)
 (Siswa: “Saya Pak. Letak pantai Watu Ulo yaitu lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Jember, jaraknya 33 km ke arah selatan.” [Mega memberanikan diri untuk mejawab pertanyaan.])
 (Guru: “Benar sekali, seratus untuk Mega. Pertanyaan yang kedua, obyek wisata apa saja yang terdapat di pantai Watu Ulo?”)
 (Siswa: “Terdapat Pantai Payangan, Gua Jepang, dan Gua Lawa yang merupakan tempat bersejarah peninggalan Perang Dunia II.” [Pertanyaan kedua dijawab oleh Yudi])
 (Guru: “Seratus kedua untuk Yudi. Sungguh luar biasa jawaban kamu. Saya harap yang lain, jawabannya juga benar seperti jawabannya Mega dan Yudi. Karena bapak yakin, kalian semua tadi mendengarkan dengan baik atas teks bacaan yang bapak bacakan tadi.”)
C. Kegiatan Akhir :
 Memberikan penguatan materi yang sudah dibelajarkan
 (Guru: Memberikan penguatan dan refleksi terhadap materi yang baru saja diajarkan kepada siswa. Penguatan materi ini, bisa dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa terkait isi materi yang diajarkan.)
 Salam penutup
 (Guru: “Anak-anak cukup sekian pelajaran hari ini, dan jangan lupa belajar di rumah. Wasalamualaikum Warahmatulluhi Wabarakatu........... [Dan siswa menjawab dengan serempak])
Sumber/Bahan/Alat
Teks bacaan tentang tempat wisata dari majalah, surat kabar, atau internet
Buku Paket Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Siswa SD/MI Kelas VI

Penilaian
Bentuk tes: Lisan dan Tulis
No. Aspek Penilaian Bobot Nilai
Kemampuan menemukan hal-hal penting atau pokok dari teks yang dibacakan
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1) 5
Kemampuan menuliskan hal-hal penting atau pokok dari teks yang dibacakan
a. Sesuai (3)
b. Kurang sesuai (2)
c. Tidak sesuai (1) 5
Ketepatan menjawab pertanyaan terkait dengan isi teks bacaan
a. Benar (3)
b. Kurang benar (2)
c. Tidak benar (1) 5

Keterangan:
Skor maksimum 3 (3 x 5) = 45
skor perolehan
Nilai perolehan siswa = x 100 = 45/45 x 100 = 100
skor maksimum

2 komentar: