Kamis, 19 Januari 2012

CONTOH TEKS PIDATO


SEMANGAT MENYONGSONG MASA DEPAN CERAH

Assalamu’alaikum Wr/Wb....
Yang terhormat kepala sekolah SMAN 2 Nganjuk.
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha SMAN 2 Nganjuk.
Dan teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya, sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Semangat Menyongsong Masa Depan Cerah.
Teman-teman yang berbahagia,
Sering terucap, terdengar, dan dibicarakan tentang masa depan oleh banyak orang. Apalagi seorang siswa seperti kita, pastinya memiliki suatu harapan masa depan yang cerah. Untuk mencapai masa depan itu, usaha-usaha dilakukan dengan sungguh-sungguh agar apa yang di cita-citakan dapat tercapai sesuai harapan. Seperti halnya kita sebagai siswa, usaha yang dilakukan yakni belajar dengan tekun dan semangat agar memperoleh prestasi di bidang akademis maupun non-akademis. Hal ini kita lakukan agar menjadi manusia yang berpendidikan, berperilaku baik, terampil, dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan juga agama. Apalagi sekarang di setiap sekolah sudah diterapkan model pendidikan karakter, tindakan ini akan sangat mendukung masa depan siswa. Karena pendidikan karakter merupakan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan.
Selain perihal di atas, siswa sebagai agent of change yang berkualitas juga harus dapat melakukan tindakan intens dengan cara menggali nilai hidup beserta komponen yang mendukung di masa globalisasi seperti sekarang ini. Seperti halnya menguasai IPTEKS, berjiwa nasionalisme, disiplin waktu, dan bersikap jujur. Selain itu bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup merupakan hal urgen yang harus melekat pada siswa.
Jangan sampai kita menjadi individu yang tak memiliki impian masa depan cerah. Kita harus berhati-hati memanfaatkan masa yang kita miliki sekarang ini dengan cara melakukan perbuatan yang bermanfaat. Karena di masa globalisasi ini banyak gangguan yang menyebabkan kita tidak fokus dengan tujuan utama kita yakni belajar dengan serius. Gangguan yang dimaksud mulai dari tontonan TV yang tidak mendidik, mengambil contoh sinetron yang sehari-hari tayang di layar televisi kita, yang berkisah cinta-cintaan, kekerasan pergaulan dalam dunia remaja, bahkan kekerasan dalam rumah tangga juga menjadi topik utama. Selain itu mudahnya akses internet juga dapat membuat siswa (remaja) demam facebook, twitter atau game online, sehingga akibatnya bisa menjadikan kita malas belajar dan menomer duakan buku pelajaran.
Teman-teman yang berbahagia,
Walaupun masa depan bagi kita sekarang ini merupakan sebuah kehidupan yang masih di awang-awang dan gaib. Bahkan acapkali dapat menguras energi pikiran kita, sehingga menimbulkan keresahan, kebimbangan, dan ketakutan mengiringi langkah kita. Atau terbayang-bayang antara keberhasilan dan kegagalan mempersiapkan diri di hari esok. Perlu diketahui ini merupakan gejala yang wajar. Pasti hampir semua manusia mengalami dan bergejolak dalam jiwa dan raganya. Maka jangan merasa takut ketika kita berpikir dan bertindak mewujudkan masa depan yang sudah kita impikan. Dan jangan sampai kita sebagai makhluk berpendidikan menghalalkan segala macam cara demi tercapainya masa depan tanpa memikirkan akibatnya.
Mari kita songsong masa depan dengan penuh pengharapan dan menjadikan hidup kita penuh arti. Kita adalah pemuda bangsa yang cerdas, harus memiliki rasa juang tinggi. Jadikan masa depan kita indah dengan berusaha sebaik mungkin mulai saat ini, berjuang dengan keras dan disertai dengan iman. Dan jangan pernah menyerah dengan keadaan. Karena keadaan bukanlah penentu, namun usaha dan kerja keras kitalah adalah penentu. Semangat dan terus belajar untuk prestasi, marilah kita jadikan pijar seiring menyongsong masa depan.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatian saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr/Wb....

*Teks Pidato ini saya tulis utk membantu tugas kakak ipar yg sekolah di SMAN 2 Nganjuk




Tidak ada komentar:

Posting Komentar